Home > Knowledge for Us > Rahasia Menghitung Cepat PErkalian Dua Digit Angka

Rahasia Menghitung Cepat PErkalian Dua Digit Angka

Rahasia Menghitung Cepat Perkalian Dua Digit Angka [3 Detik]

Berikut ini merupakan rahasia trick perkalian dua digit angka (contoh : 19 x 14 = ??), dengan menggunakan trik ini maka Anda dapat menegtahui hasil dari perkalian tersebut kuran lebih tiga detik. Mulai dari sekarang perkalian dua digit angka akan menjadi sangat mudah bagi Anda..tutorial berikut ini akan disertai dengan gambar – gambar sehingga Anda dapat dengan mudah untuk memahaminya..

Berikut ini tricknya :
Misal perkalian 13 X 12 = ?
Penyelesaianya :
1. Jumlahkan angka 2 + 13 = 15

2. itu merupakan 2 digit jawaban akhir yakni 15
3. langkah berikutnya adalah, kalikan angka 3 x 2 = 6

4. jadi hasil totalnya 156, silahkan di cek menggunkanan kalkulator…

5. Berikut ini contoh lain dengan dua digit angka kecil yang sama 13 X 13 = ?

Berikut ini jika anka perkalian digit kedua lebih besar dari 10, perhatikan baik – baik, misal 16 X 12 = ?

1.Lakukan seperti biasa yakni 2 + 16 = 18

2. kemudian kalikan angka 6 X 2 = 12 , angka 12 merupakan 2 digit angka sedangkan setelah angka 18 Cuma ada sisa 1 digit angka yang bisa di masukan..tulis angka 12, dimana angka 1 ada di atas angka 8 dan angka 2 di samping angka 8, seperti gambar berikut..

3. Sehingga hasil akhirnya adalah 192.

Berikut ini contoh terakhir, misal 18 X 14 = ? , silahkan cerna gambar berikut :

About these ads
Categories: Knowledge for Us
  1. August 25, 2009 at 7:38 am

    thanks infonya…

    • Michelle F. Kezia
      August 25, 2009 at 8:08 am

      sama2, semoga bermanfaat.

  2. winwin
    August 25, 2009 at 9:20 am

    wei berguna bgt ney….

    • Michelle F. Kezia
      August 25, 2009 at 11:19 am

      terimakasih.:D

  3. roney
    August 25, 2009 at 9:40 am

    keknya tidak berlaku bial puluhannya diatas 2 (20 ke atas)

    CMIIW

    • Michelle F. Kezia
      August 25, 2009 at 11:18 am

      dicoba yah. 20×20 = 400
      coba kalo dgn tes tadi. 0×20=0 ; 2×20=40 ; sesuai dgn aturan berarti = 400
      berlaku kok.coba ajah.semoga bermanfaat.:D

  4. August 26, 2009 at 2:31 am

    makasih atas triknya

    • Michelle F. Kezia
      August 26, 2009 at 6:59 am

      sama2.semoga bermanfaat.

  5. Iyus
    August 26, 2009 at 3:34 am

    ada cara mudah lainnya : (kalo tidak salah artikel tsb ada di detik.com) sbb :

    contoh 89 X 76 atau kita tulis 89
    76
    —-

    langkah 1 :
    kalikan 2 digit terakhir; 9 x 6 = 54; gunakan angka 4 (sebagai satuan) dan simpan angka 5.

    langkah 2:
    kalikan silang dan tambahkan; (8×6)+(7×9)=48+63 = 111
    kemudian tambahkan dengan 5 (yg tadi kita simpan di langkah 1) segingga 111 + 5 = 116; gunakan angka 6 (sebagia puluhan) dan simpan angka 11

    langkah 3:
    kalikan 2 digit depan; 8 x 7 = 56 lalu tambahkan 11 (yg kita simpan di langkah 2) sehingga 56 + 11 = 67

    hasil akhir :
    hasil perkalian 89 x 76 adalah 6764

  6. August 28, 2009 at 3:17 am

    untuk perkalian diatas 10, seperti 20, 30 , 40, prinsipnya sama, cuma untuk hasil dari penambahannya, dikalikan dengan 20 untuk 20, 30 untuk 30, dan seterusnya,

    cukup menghemat waktu kan??
    misal 25 x 25 = (25 + 5)x 20 = 600
    5 x 5 = 25, tambahkan dengan 600, ketemu 625.

    semoga bermanfaat.

    • Michelle F. Kezia
      August 28, 2009 at 5:39 am

      oh iyah.terimakasih atas sarannya. :D

      • ahap
        March 28, 2010 at 3:45 pm

        kalo 25×25 yg paling cepat adalah : 2×2+2= 6. angka 25 nunggu. jadi hasilnya 625. 35×35 : 3×3=3=12 jadi hasilnya 1225. 45×45 : 4×4+4=20, jadi hasilnya 2025.

  7. dharma
    August 29, 2009 at 4:53 pm

    bukannya malah sama aja tuh !!! apa bedanya untuk waktu? contoh : 25 x 25 =……
    25 x 5 = 125. 25 x 2 = 50
    125
    50
    ——+
    625
    saya rasa kalo untuk menghitung cepat diperkalian sama aja sih!!!

    slam

    • Michelle F. Kezia
      September 6, 2009 at 12:24 am

      memang.terimakasih atas infonya untuk perkalian 2 digit angka untuk 20an keatas.terimakasih jg udah visit blog saya.

    • ahap
      March 28, 2010 at 3:46 pm

      kalo 25×25 yg paling cepat adalah : 2×2+2= 6. angka 25 nunggu. jadi hasilnya 625. 35×35 : 3×3=3=12 jadi hasilnya 1225. 45×45 : 4×4+4=20, jadi hasilnya 2025.

  8. Hari
    October 6, 2009 at 7:35 pm

    kalo untuk soal 13 x 26 gimana??

  9. November 11, 2009 at 2:38 pm

    mana gambarnya?

  10. widodo
    February 22, 2010 at 7:06 pm

    terimakasih.

  11. Agus Tri Rahardjo
    March 23, 2010 at 3:39 am

    Untuk 25×13=325, ternyata pakai metode ini berbeda :
    Langkah pertama, 25+3=28
    Langkah kedua, 5×3=15
    Langkah ketiga, angka 8 pada 25 ditambahkan angka 1 pada 15 samadengan 9 lalu dijadikan puluhan. Jadi hasilnya 295 sedangkan yang benar 325.
    Jadi metode di atas hanya untuk kasus2 tertentu.

  12. Agus Tri Rahardjo
    March 23, 2010 at 3:42 am

    Ada ralat, tertulis langkah ketiga, angka 8 pada 25 seharusnya 28. Sori.

  13. elya
    March 27, 2010 at 1:19 am

    thanks atas informasinya.>’.’<

  1. April 10, 2010 at 11:41 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: